jenis jenis pendingin

🏡 Beranda   www.rajawaterheater.com  Call 📲 : 082122441800

Pendingin umumnya merujuk ke kotak pendingin; sebuah alat atau ruangan yang mendinginkan sesuatu benda.

Istilah ini bisa digunakan untuk:

Industri dan teknologi

  • pendingin udara
  • kulkas/freezer/showcase
  • pendingin evaporatif , jenis pelembab yang digunakan untuk menggantikan AC
  • cool storage
  • chiller/water chiller
  • Inter cooler, alat penukar panas udara ke udara atau udara ke cairan

Penyejuk udara/pendingin udara

Penyejuk udarapendingin udarapengkondisi udarapenyaman udaraerkon, atau AC (bahasa Inggrisair conditioner) adalah sistem atau mesin yang dirancang untuk menstabilkan suhu udara dan kelembapan suatu area (yang digunakan untuk pendinginan maupun pemanasan tergantung pada sifat udara pada waktu tertentu).
Umumnya menggunakan siklus refrigerasi tetapi kadang-kadang menggunakan penguapan, biasanya untuk kenyamanan pendingin di gedung-gedung dan kendaraan bermotor.

Kulkas/freezer/showcase

Kulkas atau lemari es atau lemari pendingin adalah sebuah alat rumah tangga listrik yang menggunakan refrigerasi (proses pendingin) untuk menolong pengawetan makanan. Sekitar 99,5% rumah di Amerika Serikatmemiliki kulkas. Kulkas bekerja menggunakan pompa panas pengubah fase beroperasi dalam sebuah putaran refrigerationKulkas industriadalah kulkas yang digunakan untuk kebutuhan industri, seperti di restoran atau supermarket.
Kulkas terdiri dari lemari pendingin atau lemari pembeku atau keduanya. Sistem dua lemari ini diperkenalkan pertama kali oleh General Electricpada 1939. Beberapa kulkas sekarang dibagi menjadi empat ruang untuk penyimpanan jenis makanan yang berbeda:
  • -18 °C (-64.4 °F) (pembeku)
  • 0 °C (32 °F) (daging)
  • 4 °C (39.2 °F) (pendingin)
  • 10 °C (50 °F) (sayuran), untuk menaruh berbagai jenis makanan.
Kapasitas sebuah kulkas diukur dalam liter. Biasanya isi pembeku adalah 100 liter dan pendingin 140 liter (namun dapat sangat bervariasi).

artikel lainnya tentang :pemanas air tenaga surya (solar hart)

Inter cooler

Sebuah inter cooler adalah alat mekanik yang digunakan untuk mendinginkan sebuah fluida, termasuk cairan maupun gas, antara tahapan pada proses pemanasan multi-tahap, biasanya berupa alat penukar panas yang membuang limbah panas dalam kompresor gas. Digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk kompresor udarapendingin ruanganlemari es, dan gas turbin. Dikenal secara luas pada dunia otomotif sebagai pendingin udara-udara atau udara-cairan untuk induksi tenaga (Turbocharger atau Supercharger) di mesin pembakaran dalam untuk meningkatkan efisiensi volume trik mereka dengan meningkatkan kepadatan asupan muatan udara mendekati pendinginan isobarik.

cool storage

cold storage adalah ruangan atau bangunan ber pendingin besar yang dirancang untuk penyimpanan barang di lingkungan di bawah suhu luar ruangan. Produk yang memerlukan pendingin termasuk buah , sayuran , makanan laut dan daging . Toko-toko pendingin sering terletak di dekat pelabuhan pengiriman yang digunakan untuk impor / ekspor hasil bumi.

chiller

Chiller air adalah alat mekanis yang digunakan untuk memfasilitasi pertukaran panas dari air ke refrigeran dalam sistem loop tertutup. Refrigeran kemudian dipompa ke lokasi di mana panas buangan dipindahkan ke atmosfer .

Dalam hidroponik , pompa, lampu dan panas ambient dapat menghangatkan suhu air waduk, yang mengarah ke akar tanaman dan masalah kesehatan. Untuk kesehatan tanaman yang ideal, chiller dapat digunakan untuk menurunkan suhu air di bawah tingkat ambien; Suhu 68 ° F (20 ° C) adalah suhu yang baik untuk sebagian besar tanaman. Ini menghasilkan produksi akar yang sehat dan penyerapan nutrisi yang efisien.

Dalam AC , air dingin sering digunakan untuk mendinginkan udara dan peralatan gedung, terutama dalam situasi di mana banyak kamar individu harus dikontrol secara terpisah, seperti hotel. Chiller menurunkan suhu air menjadi antara 40 ° dan 45 ° F sebelum air dipompa ke lokasi yang akan didinginkan.

Dalam hal ini telah menyebar bahwa pendingin sangat di butuhkan di kehidupan saat ini ,dengan teknologi yang canggih pada abad ini .jika ada kerusakan atau pun perawatan butuh perhatian ahli untuk merawat/perbaikan pendingin ini di karena kan ada bagian - bagian khusus di dalam mesin pendingin ini. 

www.mandiriteknik.com                                                                                                      www.rajawaterheater.com

Komentar